Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

Tuesday, March 1, 2016

Diantara Keindahan dan Mistis, Gunung Dempo 3159 Mdpl

Gambar dari google

Gunung Dempo (3159 mdpl) terletak di perbatasan provinsi Sumatera Selatan dan provinsi Bengkulu tepatnya di kota dingin penghasil kopi robusta yang terkenal enak, yaitu Kota Pagaralam. Gunung Dempo terletak di kota Pagaralam, dengan jarak tempuh darat sekitar 7 jam dari Palembang, ibukota provinsi Sumatera Selatan. Sesuai dengan namanya, Kota Pagaralam dikelilingi oleh pegunungan Bukit Barisan dan yang tertinggi adalah Gunung Dempo.

Sebenarnya niat mendaki gunung dempo sudah ada ketika saya dapat kepastian penempatan pertama saya di Manna, Bengkulu Selatan(yah saya seorang abdi negara di salah satu unit vertikal instansi pemerintahan). Sering jokes kalo tiap ditanya "to, penempatan mana ?", yang saya jawab "Manna", dan si penanya malah nanya balik "lah gua nanya dimana kok lu nanya balik?" ini bakalan panjang diterusin hahaha. Oke kembali ke benang merah, jadi setelah hampir setahun akhirnya ada wacana ke dempo sekaligus merayakan hari kemerdekaan Indonesia.

Sampai awal Agustus belum jelas nih siapa aja yang mau ikut, kalo ditanya ada aja alesannya, tapi setelah bujuk rayu saya dan kukuh akhirnya dapet kepastian ginanjar (biasa dipanggil ginjay), eki, garda, sama salah satu temennya bang rully. dari nama itu cuma saya sama kukuh yang pernah naik gunung, sisanya masih pertama kali, eh temennya bang rully ini juga udah bolak balik dempo :D

Setelah fix siapa yang ikut langkah selanjutnya peralatan mendaki, disini saya sama kukuh berprinsip lengkapin perlengkapan buat safety hiking. nah mulai tuh pada belanja online, dari toped, bl, kask*s diubek ubek buat beli jaket, sendal, trekking pole (ini ga cukup berguna ternyata *sad*), sampe beli tenda karena di wilayah sini ga ada persewaan alat outdoor :(

Eh tau tau si garda ada panggilan DL ke Jakarta, jadi galau deh dia mau ikut apa engga, sampe H-2 akhirnya dia mutusin buat ikut ya meskipun kami ngerubah plan yang awalnya mau berangkat jumat malem jadi sabtu siang karena nunggu garda dari jakarta :D

Sabtu, 15 Agustus 2015
Sampailah di hari H dengan packing seadanya karena mikirnya mau numpang di rumah temennya bang rully buat nanti packing ulang. Perjalanan dari Manna ke Pagar Alam itu kurang lebih 2,5 jam, disini maksimalin buat tidurrr~~~

Wawan, Ginjay, Pinto, Garda, Kukuh, Eki, dan Bang Rully
Sampe Pagar Alam rencana berubah mendadak niatnya mau nginep di rumahnya wawan (temennya bang rully) jadi ke rumah bang didot (kakaknya bang rully), kami mah yang penting dapet tempat bobok jadilah mau dimana aja, di mushola juga gapapa asal tidur. setelah sampe rumah bang dodit kami jadi ngerasa ngerepotin, disuguhin kopi, cemilan dll *makasih banyak bang*

Minggu, 16 Agustus 2015

Bangun subuh di pagar alam itu bikin menggigil banget, jam 3 udah pada saling bangunin buat mandi sama packing ulang, yang bikin lama itu mandi, pada gamau mandi pertama saking dinginnya *sumpah dingin banget*. Rencana awal jam 7 berangkat dari bang dodit ke tugu rimau (oia lupa ngasih tau, ada 2 jalur pendakian gunung dempo, ada tugu rimau ada kampung IV). Tugu rimau ini kata orang tracknya parah tapi lebih cepet sampe dibanding kampung IV. Setelah sarapan dan ngopi siaplah kami berangkat ke tugu rimau :)
Bang Rully nya motoin diganti bang dodit kedua dari kanan :)

Setelah ngangkut semua ke mobil kami pun berangkat ke tugu rimau, sumpah disini tuh udaranya segar, sejuk, nyaman deh kayaknya kalo tinggal disini, cuma ga ada mol aja kalo yang suka ngemol *lol*. setengah jam kurang lebih dari rumah nya bang dodit ke tugu rimau, disajikan pemandangan kebun teh (ya pagar alam terkenal dengan teh nya)

Keren yah gagah gitu :)

akhirnya sampai lah kami di tugu rimau, setelah menurunkan barang bawaan gantian ke kamar mandi buat setoran pagi *katanya biar ga kebelet di track* . sambil nunggu yang nyetor kami cari info buat simaksinya dan ternyata belom buka tapi kata orang sana kalo mau naik ya naik aja ga ada biayanya *nah loh kalo ilang gimana ? datanya kan ga ada*

Ini dia alasan disebut Tugu Rimau

Disini saya masih make Carrier segede gaban, nanti ? hehehe

Ini dia pintu masuk ke jalur pendakiannya
Gak lama foto foto ditugu rimau kami berdoa dulu kepada Sang Maha Kuasa Allah SWT agar kami diberi kemudahan dalam pendakian, diberi keselamatan sampai balik lagi ke Manna karena tujuan kami adalah kembali ke Manna dengan selamat, ga ada kekurangan satu pun kecuali rasa lelah :) sambil ga lupa foto lagi di jalur pendakian hahaha
Kami cuma makhluk kecil dihadapanNya
Tos Kudai :)
Oia bang rully ga ikut naik soalnya udah ga kuat katanya faktor usia, jadi bang rully balik ke rumah bang dodit tapi besok jemput lg di tugu rimau *iya lah kalo engga mau naik apaan kami ? ngesot bukan pilihan guys*

BISMILLAH
Langkah awal pendakian dimulai, diantara kami cuma eki yang rutin olahraga freelatic, sisanya ngandelin futsal sama volley rutin kantor *latihan fisik penting ya guys*. Dijalur tugu rimau jalannyasempit, kanan kirinya tuh pohon tapi tanahnya lebih rendah dari jalur ya semacam jurang kali yah saya kurang paham, target kami sebelum magrib udah sampe pelataran dempo untuk ngecamp, karena kemampuan fisik dan faktor usialah hal ini terjadi :((

Judul nya ada kata mistisnya, tapi sampe sini ga ada tuh cerita mistisnya? Nah sebelum saya naik saya dikasih tau kalo gunung ini cukup banyak menyimpan misteri, adanya kuburan orang terdahulu di pelataran dempo, kabut tebal yang hilang apabila ada suara adzan, dll awalnya sih ga percaya tapi ketika sampai pos bayangan antara shelter 1 dan 2 kabut tebal mulai muncul, saya sampai menggigil, begitupula dengan tim saya yang lain.

Sampai ada yang orang lain ngomong "adzan lah biar kabutnya ilang" kemudian kami mendengar salah satu pendaki adzan, atas izin Allah kabut tebal itu pun hilang. Setiap kabut tebal dan cuaca mendung selalu saya mendengar suara adzan.

Nafas sudah engap, kaki mulai keram, itulah yang kami rasakan, padahal ini belum seberapa karena track sesungguhnya adalah dari shelter 2 ke top dempo itu gilak tanjakan yang harus menggunakan tali, ngesot, ngerangkak sampai pada akhirnya saya tidak kuat lagi mengangkat tas besar itu *awalnya sok bawa tas gede abis itu tepar :(*
Tas udah berganti :))))
garda mukanya pucet :)

tali bantu buat nanjak *pfft*

Kukuh in action

Minggu, 16 Agustus 2015 sekitar pukul 14.30

Setelah hampir 7 jam mendaki akhirnya kami sampai di Top Dempo, ginjay, garda, wawan, sudah duluan selisih 2 jam kami terpecah karena faktor usia. pas sampe top dempo si garda, ginjay, sama wawan udah nyari spot ngecamp.

Top Dempo 3159 Mdpl
Jadi kalo di dempo spot ngecampnya itu setelah top dempo kita turun sekitar 15 menit sampe deh di pelataran dempo *oia lupa bilang, dijalur pendakian tugu rimau tidak ada sumber air pada saat kami naik jadi kami bawa air cukup banyak yang pada akhirnya kurang juga*. Di trek turunan dari top dempo garda udah nungguin buat ngasih tau posisi ngecamp, ketika sampai di tempat kirain udah berdiri tempat buat istirahat eh gataunya pada gabisa masang tendanya *kalo bisa yang duluan itu yang bisa masang tenda guys*

Skip skip akhirnya 2 tenda berdiri dilanjutkan bagi bagi tugas masak, disini anginnya lumayan kencang sampe saya, garda, sama eki motongin sayur di dalam tenda :)) akhirnya biarin si ginjay, kukuh, sama wawan yang masak *bagi tugas itu namanya tim :)*
selfie dulu sambil motong sayur
Akhirnya makanan pun selesai dibuat oleh chef dadakan, berhubung angin kenceng jadi makannya di dalem tenda aja sekalian angetin badan :D *ga ada dokumentasi makanannya udah fokus makan soalnya* abis makan bingung deh mau ngapain, mau ke top merapi udah sore dan capek badan akhirnya diputuskan ke top merapinya pagi-pagi ngejar sunrise. Aktivitas pun dilanjutkan dengan tiduuurrr~~~

Kalo naik gunung tuh badan capek tapi tidur susah, bentar bentar bangun, malem malem sebenernya diajak kukuh sama wawan ngobrol di luar tenda, berhubung dingin dan mager saya cuma teriak dari dalem tenda sambil berdoa ga ujan malem ini.

Lagi asik merem eh kukuh teriak "to udah bikin parit belom? gerimis nih",
saya bales teriak "udah sebagian tadi, tolong dong dingin nih ",
kukuh sambil kesel tereak "ya keluar lah sendiri, ntar kalo ujan lu yang repot",
saya bales teriak "iya ntar gua bangun kalo ujan",
pas gerimis berubah jadi agak deres saya pun bangunin eki "ki bangun ki bikin parit ki, ujan nih",
eki jawab "lu kan yang dipinggir to gua susah gerak nih" (jadi posisi tidurnya ginjay dipojok, eki sampingnya, garda samping eki, gua paling pinggir deket pintu tenda)
saya jawab "mager ki, udah lah pasrah aja ya"

Alhamdulillahnya ujannya cuma numpang lewat, soalnya banyak yang adzan sambil teriak-teriak. dan tidur pun berlanjut. Gatau jam berapa kukuh teriak lagi "to keluar lah ngobrol ini bintangnya cakep bener banyak banget ada milky way juga keliatan" dan karena males saya jawab "yah males kuh dingin banget". Akhirnya saya mendenger suara kukuh sama wawan ngobrol.

Senin, 17 Agustus 2015

Bangun-bangun udah subuh (soktau) trus bangunin yang lain soalnya mau summit attack top merapi, baru buka tenda udah langsung masuk lagi gara-gara dingin, eki sama ginjay keluar soalnya kebelet kenc*ng, mereka nekat ujungnya ngomong "anjir dingin banget" ~~~~.

4.30 kami mulai summit attack, disini wawan lagi jadi penunjuk jalan soalnya dia udah apal jalannya, pas jalan saya bilang "eh kok kita beda sendiri sih jalannya ? liat deh senter pendaki yang lain beda jalan", kemudian wawan jawab "banyak jalannya keatas jadi pasti beda-beda".

Kurang lebih 30-45 menit jalan (ini jalan santai nahan dingin sama kaki udah cape efek kmrn) akhirnya tiba di top merapi ! subhanallah ini anginnya kenceng banget, tadinya saya nekat mau buka jaket tp diurungkan. sambil nunggu sunrise kita duduk ngeriung (lupa bawa minum) akhirnya nekat minta orang *maapkan bang abang*

Mataharinya masih malu-malu
Sunrise dimana-mana memang terlihat indah, begitu pula dari top merapi ini, disaat kedinginan sunrise ini paling ditunggu-tunggu untuk menghangatkan badan, lagi asik foto tau tau garda ngilang hahaha ternyata dia lagi duduk di balik batu katanya biar ga terlalu dingin (fyi, sebelum berangkat ke pagar alam dia udah agak masuk angin tapi tetep mau ikut *angkat jempol*).
Bendera Merah Putihnya ga keliatan efek angin :(

Mukanya masih ga keliatan :(

Mataharinya bukan dibelakang saya tapi ada di arah tongsis saya :D
Forza Indonesia
Gak lama lama di puncak, meskipun tadinya mau upacara tapi berhubung fisik kami udah menurun belom lagi mikirin pulang besok udh masuk kerja lagi akhirnya kami turun ke camp buat prepare balik sama makan :D

Sekitar jam 8 pagi kami turun estimasi sampe tugu rimau itu jam 2 atau jam 3 sesuai kondisi fisik, awalnya sih masih semangat gara-gara berhasil sampe puncak, masih sering ngobrol sambil bercanda, tapi itu semua berakhir di pos 2 dimana air kami juga abis :(
Masih bisa senyum

Masih bisa narsis

Jalan dari pos 2 ke tugu rimau itu cobaan banget, udah terjal, air abis lengkap sudah penderitaan, mana si wawan pengen buru-buru turun soalnya dia mau mampir ke rumah orang tuanya. kebanyakan istirahat malah bikin nambah cape, ditengah jalan pas disalip sekumpulan anak muda saya nekat minta minum trus dijawab "ada nih mas tapi air belerang", saya yang udah haus banget minum dah tuh air belerang, yang lain ditawarin ga ada yang mau. Akhirnya di pos bayangan si wawan duluan buat beliin air minum nanti dia naik lagi (makasih ya wan, lo emang joss)

Trus kukuh yang udah gakuat nahan beban juga milih buat lari duluan, kececer lah rombongan kami sisa saya, ginjay, eki, sama garda. Sambil jalan santai kami melanjutkan perjalanan yang makin berat ini *ampun mak kaki udah ga kuat* (si eki sebenernya masih kuat tapi dia milih bareng), ditengah jalan kita liat ada wawan bawa air minum ah surgaaaa. Disini kami kepecah lagi, wawan, eki, sama ginjay duluan turun, si eki nawarin tukeran tas dan saya pun mengiyakan *udah ngos-ngosan*, tinggal saya sama garda yang emang udah somplak nih dengkul :(

Tiba di pos 1 banyak yang tidur, niatnya tadi mau istirahat selonjoran tapi akhirnya karena nanggung nekat lanjut. Di jalan dari pos 1 ke pos bayangan ada orang nawarin susu panas, saya yang udah keausan lagi tanpa malu mengiyakan sambil ga lupa basa-basi "darimana bang ?" yang dijawab dari lampung, ya digunung dari obrolan singkat, minta minum bisa jadi deket, jadi berasa keluarga, dari yang ga kenal sama sekali, rasa sungkan ilang gitu aja, mungkin karena insting bertahan hidup kali ya *ngeles*

Skip skip akhir saya sama garda sampe ke basecamp akhirnya jam 3. Disini banyak banget orang, dari pendaki maupun wisatawan yang emang jalan keluarga di pagar alam. Gamake lama langsung rebahan nyari air seger tapi ga ada yang jual :(((

Di tugu rimau bang rully sama bang deden udah jemput sesuai kesepakatan kemaren, pas ditanya "dimana mobilnya bang ?" kemudian dengan rileks dijawab "ada tuh agak kebawah soalnya ga dapet parkir rame banget", yauda deh mau gamau jalan, kirain mah deket gataunya lumayan juga turunan lagi nahan berat keril ampun dah.

Naik mobil empet empetan sementara sampe rumah bang deden, tapi disini ada yang bilang "bang mampir warung dulu ya aus banget", skip skip akhirnya sampe rumah bang deden. Sampe rumah bang deden langsung ditawarin tekwan, dalam hati "aduh ini ngerepotin lagi dah ga enak betul" dan kayaknya semua sepemikiran. Oh iya disini wawan lagi pulang dulu mampir ke rumah orang tuanya.

Setelah ngabisin makan masih disiapin kopi sama teh juga emang rombongan gatau diri kami ini :( sambil makan sambil ngobrol sambil gantian mandi soalnya kami mau langsung balik ke manna biar ga kemaleman karena jalan kesana hutan *sumpah*

Skip skip akhirnya kami pamitan ga lupa ngucapin beribu terima kasih ke keluarga bang deden, semoga keluarga abang dikasih rejeki yang banyak sama Allah :) Balik ke Manna, empet empetan lagi ditambah pegal-pegal di bagian punggung sama kaki. Udah ga ada suara lagi nih di mobil semua sepakat buat tidur, tapi kukuh yang duduk di paling depan memilih ga tidur buat nemenin bang rully nyopir katanya *iyalah daripada sopirnya ngantuk bahaya guys*

Akhirnya jam 8-9 malam kami sampai kembali di rumah dinas sesuai tujuan awal tanpa kekurangan *cuma kecapean* Alhamdulillah ya Allah terima kasih atas alam yang indah yang kau ciptakan, berikan kami kekuatan untuk menjaganya amiin :)

Sekian sebuah coretan yang kepanjangan hahaha ga nyangka juga sih bakalan sepanjang ini ngetiknya dan maaf juga ini sebenernya udah dibuat dari november tapi kepending baru bisa selesai hari ini *maapkeun~~*

1. Kehabisan air adalah salah satu masalah serius. Hhii lucu kang cerita pendakian gunung Dempo . Nice post

2. Domino206 dengan Link Hoki Se Asia , Fair Play 100% MUDAH MENANG ! BANJIR KEMENANGAN BESAR !!
    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya Terbaik ^^ Keunggulan :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar 89.9%
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagusa
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.